Tips Belajar TOEFL Secara Otodidak

Tips Belajar TOEFL Secara Otodidak

Pada kesempatan kali ini Shania akan bagikan informasi penting mengenai Tips Belajar TOEFL Secara Otodidak. Simak ya!

Mengetahui tips belajar TOEFL secara otodidak alias mandiri bisa membantu Anda menguasai Bahasa Inggris dengan lebih fasih tanpa harus mengeluarkan biaya untuk kursus. Seperti yang mungkin Anda tahu, biaya kursus Bahasa Inggris khusus untuk grammar dan TOEFL jumlahnya cukup mahal serta durasinya bisa sampai 1 hingga 2 bulan.

Tetapi mengingat pentingnya tes TOEFL dengan nilai tinggi di era modern ini, mau tidak mau kita harus belajar demi bisa berbahasa Inggris dengan baik. Untungnya, kursus bukanlah satu – satunya cara untuk belajar bahasa Inggris.

Bahkan banyak artis international asal Indonesia seperti Rich Brian yang fasih berbahasa Inggris karena belajar secara otodidak dengan memanfaatkan internet.

Tips Belajar TOEFL Secara Otodidak dari Rumah

Memanfaatkan masa pandemi seperti ini untuk belajar TOEFL sendiri juga bisa menjadi langkah yang baik. Sebab setelah pademi selesai, kemungkinan besar akan dibutuhkan sumber daya manusia atau SDM dalam jumlah banyak.  

Menguasai bahasa Inggris dan memiliki sertifikat TOEFL bisa menjadi nilai tambah untuk Anda di mata perusahaan. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda belajar TOEFL secara otodidak dari rumah dengan tips berikut ini.

Baca Juga: Tips Hidup Sehat Di Masa Pandemi

1. Jadwalkan Waktu untuk Belajar Setiap Hari

Tips belajar TOEFL secara otodidak yang pertama adalah dengan membuat jadwal harian. Layaknya belajar waktu masih sekolah, Anda juga perlu membuat jadwal khusus untuk belajar TOEFL setiap hari agar prosesnya lebih cepat. Cara ini juga bisa menjadi langkah menerapkan hidup disiplin tanpa aturan tertulis.

Durasi belajarnya juga tidak perlu terlalu lama. Cukup dilakukan selama 1 hingga 2 jam setiap hari saja. Namun pastikan selama 2 jam tersebut, Anda belajar dengan fokus tanpa terganggu hal lainnya seperti gawai, televisi, atau makanan.

2. Asah Kemampuan Listening Melalui Film dan Youtube

Seperti yang Anda ketahui, dalam tes TOEFL terdapat bagian speaking, listening, dan writing. Kebanyakan masyakart Indonesia gagal di dalam tes listening karena tidak terbiasa mendengarkan orang luar negeri berbicara bahasa Inggris secara langsung.

Cara paling efektif untuk melatih kemampuan ini memang dengan berkomunikasi langsung dengan bule atau wisatawan dari luar negeri. Namun mengingat dalam masa pandemi, alternatif yang bisa Anda pilih adalah dengan menonton film atau video di Youtube dari luar negeri tanpa subtitle. Secara tidak langsung, cara ini akan membiasakan telinga Anda ketika mendengar kalimat dalam bahasa Inggris yang diucapkan dalam percakapan pada umumnya.

3. Perbanyak Vocabulary Dengan Membaca Kamus

Vocabulary atau kosa kata juga sangat penting dalam menguasai bahasa Inggris. Salah satu cara memperbanyak vocab secara otodidak adalah dengan membaca kamus setiap hari selama 15 menit.

Membaca kamus yang dimaksudkan disini benar – benar membaca tiap halaman dari A hingga Z. Meskipun tidak semua akan diingat, namun cara ini akan memperbanyak perpustakaan kata dalam ingatan Anda.

4. Uji Kemampuan Dengan Tes TOEFL Online

Setiap satu minggu sekali, uji kemampuan bahasa Inggris Anda dengan mengikut latihan tes TOEFL online. Saat ini, sudah banyak website yang menyediakan soal dengan materi TOEFL secara gratis yang bisa Anda gunakan untuk latihan.

Soal juga bisa diisi langsung maupun diunduh dalam bentuk PDF. Dan jangan lupa periksa jawaban dan buat evaluasi dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Cara Daftar Beasiswa My Skill 2021 Untuk Mahasiswa

Itulah beberapa tips belajar TOEFL secara otodidak yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menguasai bahasa Inggris tanpa harus mengeluarkan biaya untuk kursus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.