Tips Belajar IELTS Secara Mandiri

tips belajar ielts

Haloo Sobat Shania, kali ini Shania akan share informasi penting tentang Tips Belajar IELTS Secara Mandiri. Silahkan simak ulasan berikut!

Mengetahui tips belajar IELTS bisa membantu Anda yang ingin melakukan tes dalam waktu dekat ini. Karena meskipun dalam situasi pandemi, tes IELTS masih dibuka dan boleh diikuti olah umum di beberapa kota Indonesia.

IELTS atau International English Testing System kini menjadi makin penting, khususnya di dalam dunia pendidikan dan pekerjaan. Sebab sertifikat tes ini akan menjadi bukti kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris dengan fasih serta menggunakan grammar dari British.

Tes IELTS tidak kalah penting dengan TOEFL. Karena kini IELTS sudah diakui oleh lebih dari 10.000 organisasi dan institusi di lebih dari 140 negara di dunia.

Apa Perbedaan IELTS dan TOEFL?

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bahwa ada beberapa jenis tes bahasa Inggris di Indonesia. Salah satu contoh yang paling terkenal adalah TOEFL dan IELTS. Lalu apa perbedaan kedua jenis tes ini?

Baca Juga: Tips Hidup Sehat Di Masa Pandemi

Secara garis besar, IELTS dan TOEFL memiliki tes yang sama. Yaitu tes Speaking, Listening, dan Writing. Hanya saja, IELTS menggunakan sistem bahasa Inggris dari British atau United Kingdom, sedangkan TOEFL menggunakan sistem bahasa Inggris dari Amerika Serikat atau USA.

Perbedaan sistem bahasa Inggris dari British dan Amerika Serikat pun tidak terlalu banyak. Sederhananya, Inggris British memiliki pemilihan kalimat dan kata yang terdengar lebih formal dan aturan grammar yang lebih ketat. Sedangkan Inggris USA memiliki aturan grammar yang lebih santai.

Tips Belajar IELTS Secara Mandiri

Nah layaknya TOEFL, IELTS pun bisa Anda pelajari secara otodidak secara online. Berikut ini, kami akan memberi tips mengatur strategi menghadapi tes IELTS berdasarkan pengalaman peserta – peserta tes sebelumnya.

1. Pelajari Materi Khusus IELTS dari Berbagai Referensi

Umumnya, soal yang akan ditanyakan dalam tes IELTS mengacu pada materi dari IELTS Cambridge Series dari 1 hingga 13. Kumpulan soal dan audio tersebut adalah materi paling utama yang wajib Anda pelajari seluruhnya sampai hafal.

Jika ingin mencari referensi berupa video, beberapa kanal Youtube seperti IELTS Liz bisa menjadi sumber referensi yang membantu Anda.

2. Biasakan Telinga Anda Mendengar Aksen British

Karena IELTS menggunakan sistem bahasa Inggris dari British, maka soal listening pun akan dibacakan oleh orang British asli. Untuk Anda yang belum tahu, masyarakat United Kingdom memiliki cara bicara yang berbeda dan sangat khas dari cara bicara aktor ketika menonton film. Bisa dibilang hal ini adalah logat British.

Baca Juga: Cara Daftar Beasiswa My Skill 2021 Untuk Mahasiswa

Meskipun kalimat yang diucapkannya sederhana, namun terkadang aksen British bisa membuat Anda terkecoh. Oleh karena itu, biasakan telinga Anda mendengar aksen British dengan cara menonton video Youtube yang dipandu oleh orang British asli. Salah satu kanal Youtube yang terkenal dengan aksen Britishnya adalah Aboard from Japan.

3. Latih Kemampuan Writing dengan Membuat Cerita Pendek atau Kalimat Sederhana

Bisa dibilang, writing merupakan salah satu bagian tersulit dalam tes IELTS. Sebab dengan aturan grammar yang sangat ketat, Anda harus menghafal semua bentuk kalimat, kata kerja, dan lain – lain.

Salah satu cara melatih kemampuan ini adalah dengan sering – sering menulis kalimat dalam bahasa Inggris yang benar. Baik itu dengan cara membuat cerita pendek, kalimat sederhana, maupun dengan menerjemahkan tulisan orang lain dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Sebagai referensi, Anda juga bisa melihat website dan kanal Youtube milik Ben Worthington.

Baca Juga: Tips Belajar TOEFL Secara Otodidak

Itulah beberapa tips belajar IELTS secara mandiri alias otodidak. Semoga artikel ini bisa membantu persiapan Anda dalam menghadapi tes IELTS yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.