Cara Presentasi yang Baik dan Berkesan

cara presentasi yang baik

Kerap kali kamu perlu melakukan presentasi. Kalau kamu orang yang sering tampil di depan umum mungkin ini bukanlah sebuah masalah. Namun jika sebaliknya, kamu mungkin butuh cara presentasi yang baik.

Cara ini bisa kamu coba terapkan ketika kamu sedang melakukan presentasi di depan umum. Baik di depan kelas, ataupun di depan klien dan rekan kerjamu. Coba simak apa saja yang kamu butuhkan untuk bisa melakukan presentasi dengan baik.

Hal Yang Diperlukan Agar Presentasimu Berhasil Dengan Baik

Ingin tahu tutorial bagaimana cara presentasi yang baik dan benar? Simak cara berikut ini.

1. Materi Presentasi Yang Baik

Kamu perlu menyiapkan materi presentasi yang baik. Terlebih didukung dengan beberapa data serta fakta. Supaya materi kamu semakin keren dan meyakinkan.

Kamu juga bisa selipkan beberapa kejadian nyata, atau contoh relevan dari materi yang akan kamu bawakan.

2. Kuasai Materi

Seperti namanya yaitu presentasi maka, kamu perlu menguasai materi yang akan kamu presentasikan. Ini tentunya penting sekali untuk kamu kuasai. Karena jika kamu tidak menguasai materi itu sama saja kamu seperti sedang membual dengan isi presentasimu.

Ini adalah cara presentasi yang baik supaya hasil presentasimu berhasil. Menguasai materi adalah tanda kamu paham apa yang sedang kamu bicarakan dan kamu paparkan.

3. Gunakan Power Point

Selain menggunakan materi yang dibagikan kepada audien. Kamu bisa juga melakukan presentasi yang baik dan benar dengan power point. Karena dengan PPT maka materi akan menjadi poin-poin penting saja.

Ini juga bisa membantu audien yang tidak mendapat materi, mampu menyimak materi presentasi dengan baik. Ini adalah cara supaya presentasi kamu berjalan dengan baik.

4. Pakai Pakaian Yang Rapi Dengan Warna Yang Tidak Mencolok

Karena kamu akan memaparkan sebuah materi maka kamu perlu mengenakan pakaian yang rapi. Ini tentu diperlukan, karena tampilan bisa sangat berpengaruh. Terutama jika kamu akan melakukan presentasi dihadapan klien.

Maka dari itu ini adalah cara presentasi yang baik, dengan mengenakan pakaian yang baik dan rapi. Tidak perlu terlalu formal, hanya saja usahakan tidak berantakan. Kemudian usahakan kamu menggunakan warna yang netral.

5. Artikulasi Jelas

Untuk bisa melakukan presentasi yang baik, kamu perlu membawakan materi dengan artikulasi jelas. Pengucapan setiap kalimat harus jelas. Setiap kalimat yang kamu ucapkan harus jelas, ini adalah hal yang penting.

Karena dengan penyampaian dengan artikulasi jelas. Pendengar tentu tidak akan salah paham dengan maksud yang sedang kamu bicarakan.

6. Gunakan Suara Lantang

Untuk kamu yang akan melakukan presentasi yang baik di depan kelas, maka gunakan suara yang lantang. Karena ini adalah hal yang penting.

Terkadang masih saja ada yang melakukan presentasi dengan suara yang kecil. Ini tentu bukan hal yang baik, karena jika kamu tidak menggunakan alat bantu pengeras suara. Maka audien tidak akan bisa menangkap ucapan yang kamu maksud.

7. Percaya Diri

Mungkin untuk yang sudah terbiasa, percaya diri terdengar mudah dilakukan. Namun untuk orang yang kurang percaya diri maka ini akan sulit dilakukan. Kamu perlu tarik nafas lalu lepaskan ketakutan yang menghambatmu percaya diri.

Karena kunci utama dalam presentasi adalah percaya diri. Percuma saja materi yang kamu bawakan sangat baik, namun gagal dalam penyampaian. Hanya karena kamu tidak membawakannya dengan percaya diri.

Itulah tadi bagaimana cara presentasi yang baik. Lakukan beberapa hal tersebut supaya presentasi yang kamu bawakan berhasil. Lakukan presentasimu dengan lantang dan percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.