Terbukti, Ini Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Hp

cara mengembalikan foto yang terhapus

Apakah Anda pernah tidak sengaja menghapus file foto? Jangan panik karena ada cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp Android yang sudah permanen sekalipun.

Ada yang membutuhkan aplikasi dan juga bisa dengan cara mengembalikan foto terhapus di Hp tanpa aplikasi. Anda tidak perlu khawatir, jika menggunakan aplikasi, biasanya sudah tersedia di perangkat Hp Android Anda. Berikut ini tutorial lengkapnya:

Aplikasi Dumpster

Cara mengembalikan foto terhapus di Android yang bisa Anda coba adalah menggunakan aplikasi Dumpster, seperti langkah berikut ini:

  1. Instal aplikasi Dumpster terlebih dahulu dari Google Play Store. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini tidak membutuhkan akses rooting terlebih dahulu. Jadi Anda bisa langsung menggunakannya dengan mudah
  2. Perlu Anda ingat bahwa aplikasi ini hanya bisa memulihkan foto yang terhapus setelah Dumpster sudah terpasang di Hp Anda
  3. Lalu izinkan aplikasi untuk mengakses memori penyimpanan Hp Anda
  4. Maka di halaman utama aplikasi ini akan muncul data yang pernah terhapus. Lalu Anda bisa mulai mencari data foto apa saja yang ingin Anda pulihkan
  5. Kemudian klik tombol Dumpster di bagian atas
  6. Lalu pilih kategori sesuai keinginan Anda
  7. Setelah itu tekan datanya dan pilih Restore. Maka secara otomatis, data foto akan muncul kembali di folder terakhir data tersebut tersimpan
  8. Jika Anda belum menemukan data foto tersebut, maka tekan tombol tiga baris yang bertumpuk di bagian kiri atas layar
  9. Lalu klik Deep Scan Recovery
  10. Maka akan muncul data- data yang pernah terhapus, baik itu disengaja atau tidak. Hanya ada tiga tipe data yang bisa muncul, yakni Image, Videos, dan Audio

Google Photos

Anda bisa menggunakan Google Photos untuk melakukan cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp. Google Photos ini adalah aplikasi bawaan dari Hp Android, jadi cara mengembalikan foto dan video yang terhapus sekalipun pasti akan berhasil.

Aplikasi ini biasanya memang secara otomatis mencadangkan data-data foto dan video, jika memang diizinkan oleh penggunanya sejak awal. Proses pencadangan secara online tersebut biasanya terjadi saat ponsel terhubung ke jaringan WIFI.

Jika Anda sudah mengizinkan Google untuk mencadangkan data foto dan video, Anda bahkan bisa melakukan cara mengembalikan foto dan video yang terhapus secara permanen.

Caranya adalah menggunakan fitur Trash di aplikasi Google Photos. Maka fitur ini secara otomatis akan menampilkan semua galeri yang pernah terhapus. Cukup klik tombol Restore saja, maka Anda sudah bisa memulihkan foto yang terhapus.

Google Drive

Masih dengan aplikasi bawaan Google, Anda bisa melakukan cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp Menggunakan Google Drive. Perlu Anda ketahui bahwa cara ini hanya berlaku jika data yang terhapus sudah terunggah di sistem cloud Google ini.

Tidak jauh berbeda dengan Google Photo, cara mengembalikan foto yang terhapus permanen dengan Google Drive hanya perlu masuk ke fitur Trash. Lalu klik Restore, maka data yang terhapus secara permanen sekalipun dapat muncul kembali.

Mengembalikan Foto yang Terhapus Di Hp Tanpa Aplikasi

Hampir serupa dengan fitur Google Photos dan Google Drive, aplikasi Galeri di Hp Android terbaru biasanya sudah memiliki fitur Trush atau Recently Delete. Fungsinya juga hampir sama, namun fitur ini hanya bisa memulihkan foto yang terhapus dalam jangka waktu 30-60 hari.

Anda bisa coba cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp ini dengan mudah. Tapi untuk berjaga-jaga Anda tetap perlu mencadangkan semua data perangkat Anda secara online. Jadi jika ada kesalahan data terhapus, Anda bisa memulihkannya secara mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.