Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi: WORK!

cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi

Apakah Anda masih bingung bagaimana cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi? Tepat sekali, terkadang kita bisa mengalami keyboard laptop macet tiba-tiba atau keyboard tidak bisa mengetik sama sekali.

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa sebab, contohnya keyboard laptop tidak berfungsi karena virus dan sebab lainnya. Selain menggunakan aplikasi memperbaiki keyboard laptop, Anda juga bisa mengatasinya dengan cara mudah berikut ini:

1. Periksa Fungsi Num Lock

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi bisa Anda lakukan dengan memeriksa fungsi Num Lock-nya terlebih dahulu. Ketika tombol ini aktif tanpa Anda sadari, maka bagian keyboard utama akan terkonversi jadi keypad numerik atau angka.

Saat tombol Num Lock aktif, maka beberapa bagian Keyboard menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga membuat Anda kesulitan mengetik. Cara mematikannya cukup tekan tombol Fn dan Numlock secara bersamaan.

2. Restart Laptop

Jika Anda sudah memeriksa fungsi Numlock tapi tetap keyboard tidak bisa mengetik, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah merestart perangkat. Matikan lalu hidupkan kembali laptop untuk mengembalikan system perangkat anda lebih stabil.

Jika restart biasa tetap membuat keyboard laptop macet, Anda bisa mematikan paksa dengan menekan tombol Power beberapa detik. Cara ini bisa jadi alternatif yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

3. Menjalankan System Restore

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi selanjutnya adalah menjalankan perintah System Restore. Bagi pengguna Windows 10, System Recovery-nya adalah buka Start Menu, kemudian ketik Recovery, lalu pilih Configure System.

4. Melakukan Perbaikan Driver Keyboard

Anda bisa melakukan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan memperbaiki Driver Keyboard-nya. Keyboard laptop macet bisa disebabkan karena terjadi error pada Driver-nya. Penyebabnya bisa karena virus atau Software yang bermasalah.

Nah, Anda bisa memeriksa Driver Manager bagian Keyboard. Jika memang bermasalah, Anda bisa mengunduh Driver baru lewat situs resmi dari merek laptop yang Anda gunakan. Cara ini bisa disesuaikan dengan type laptop yang Anda gunakan.

5. Cek pengaturan Keyboard

Jika Anda mengalami masalah keyboard tiba-tiba mengetik sendiri, hasil tulisan tidak sesuai dengan keyboard yang ditekan, maka bisa mengatasinya dengan memeriksa pengaturan keyboard.

Caranya klik menu Start, lalu pilih Control Panel. Kemudian pilih bagian opsi Ease of Access, lalu pilih make the keyboard easier to use. Selanjutnya pilih setup filter key dan klik Uncheck All. Maka masalah keyboard laptop Anda sudah teratasi.

6. Mengubah Layout Keyboard

Jika Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi seperti di atas masih belum terselesaikan, bisa jadi keyboard tidak berfungsi normal karena masalah layout-nya. Jika layout yang digunakan tidak cocok, maka fungsi keyboard juga bisa mati.

Cara mengubah layout-nyatersebut adalah di menu Start, ketik Language pada kotak pencarian. Lalu pilih bahasa yang dingin digunakan dan klik Options dan pastikan sudah tertulis “US QWERTY”. Maka system keyboard Anda sudah normal. 

7. Memperbaiki Konektor yang Tidak Terpasang Sempurna

Penyebab keyboard laptop macet atau tidak bisa mengetik bisa jadi karena konektornya yang tidak terpasang sempurna. Cara memeriksanya, Anda bisa membongkar keyboard laptop sementara dan cek masing-masing tombolnya.

Nah, demikian penjelasan shania mengenai cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi tanpa aplikasi memperbaiki keyboard laptop. Cara di atas sebenarnya menyelesaikan masalah yang Anda alami. Jadi pastikan Anda memahami masalah keyboard untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.