Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Mati dengan Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Mati dengan Mudah

HP atau ponsel menjadi barang yang hampir semua orang memilikinya. Tak lepas dari itu terkadang hp mengalami berbagai masalah seperti mendadak mati. Lalu bagaimana cara mengatasi hp mati secara tiba-tiba dan apa penyebabnya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Hp

Penyebab hp mati sebenarnya cukup banyak, ada yang dapat langsung dihidupkan kembali ada pula hp yang mendadak mati total. Tergantung penyebab dan seberapa parah kerusakan pada hp. Berikut ini penyebab dan tutorial cara mengatasi hp mati;

1. Baterai Hp Rusak

Ponsel merupakan alat komunikasi yang sangat penting, jika mendadak mati maka komunikasi dapat terputus. Selain itu banyak file atau dokumen penting yang ada di dalamnya sehingga perlu cara agar hp dapat hidup kembali.

Hp baterai cepat rusak dikarenakan kebiasaan Anda yang sering menggunakannya sambil di charge atau mencabut daya sebelum baterai terisi penuh. Apabila hal ini sering dilakukan kesehatan baterai akan menurun dan memperparah kerusakan.

Hp dapat secara tiba-tiba mati setelah digunakan beberapa saat, baterai cepat terkuras padahal baru digunakan sebentar. Secara fisik baterai rusak dapat ditandai dengan menggembung nya bateri.

Cara mengatasinya yaitu Anda perlu menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mempercepat kerusakan baterai. Gunakan hp saat daya masih banyak, jika sudah mulai lemah segerah charge hp dan jangan digunakan selagi di cas tunggu hingga penuh.

2. Bug Sistem

Tentu jika Hp Anda mendadak mati ada sebabnya, mungkin karena faktor dari dalam atau luar. Jika hp Anda mengalami masalah seperti itu mungkin berikut ini hal yang dapat Anda lakukan beserta penyebab hp tiba-tiba mati.

Bug sistem atau kesalahan sistem yang sering mengangguk performa baterai dan ponsel. Bug sistem ini dapat terjadi karena Anda sering malas memperbarui sistem atau update sistem secara berkala.

Update bertujuan untuk menambah fitur serta mengatasi beberapa masalah ponsel, seperti bug misalnya. Saat ponsel mengalami bug yang akan terjadi yaitu ponsel mati dan hanya merespon dengan getaran saja, kondisi seperti ini dinamakan dengan soft brick.

Tentu saja cara mengatasi hp mati karena bug yaitu Anda perlu menunggu beberapa waktu. Jika dirasa sudah cukup coba hidupkan ponsel Anda atau Anda dapat men charge hp terlebih dahulu kemudian hidupkan setelah baterai penuh.

3. Salah Charge

Agar selalu terisi dan menyala baterai ponsel harus sering diisi atau di charge. Penggunaan charge yang salah atau tidak orisinil dan tidak sesuai standar dapat membuat hp mati secara tiba-tiba.

Ada beberapa charger yang memiliki kualifikasi sendiri karena tidak semua charger dapat digunakan untuk semua merk hp. Selain itu juga tidak semua hp dapat menerima data melalui charger yang salah atau tidak sesuai karena bisa jadi menimbulkan korsleting.

Cara mengatasinya yaitu tentu saja Anda harus mengganti charger menggunakan charger yang orisinil. Charger original biasanya memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan charger biasa.

Jangan mudah tergiur dengan harga karena harga murah tidak menjamin kualitas charger akan bagus. Anda dapat membeli charger yang sesuai dengan merk ponsel di konter terdekat dan terlengkap, coba tanyakan keaslian charger atau Anda dapat mencobanya sebelum dibeli.

Cara mengatasi Hp mati tergantung dengan penyebabnya, beda penyebab tengu beda pula cara mengatasinya. Cek hp secara berkala mulai dari bagian sistem hingga external seperti charger, baterai, konektor baterai dan lainya agar ponsel tetap awet tidak mudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.