Cara Membuat CV di Hp Gratis Untuk Melamar Pekerjaan

cara membuat CV di Hp

CV atau Curriculum Vitae berfungsi untuk memberikan informasi lengkap kepada HRD mengenai riwayat hidup Anda. Pembuatan CV bisa dilakukan di Hp. Lalu, bagaimana cara membuat CV di Hp gratis untuk melamar pekerjaan?

Caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan situs online yang khusus untuk membuat CV sehingga tidak mengeluarkan biaya. Bisa juga dengan membuatnya melalui aplikasi di Hp. Langsung saja, ini dia cara dari Shania.

Cara Membuat CV di Hp melalui Canva

CV bisa dibuat melalui aplikasi Canva. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengaplikasikannya di laptop maupun di Hp. Selanjutnya, CV yang telah dibuat bisa dikirim melalui email.

Berikut adalah tahapan cara membuat CV di Canva:

  1. Download Canva melalui App Store di Hp.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut.
  3. Disana, Anda akan mendapati berbagai jenis desain yang beragam sesuai dengan peruntukannya. Klik resume untuk melihat desain CV.
  4. Selain untuk melihat desain, Canva juga menampilkan berbagai kolom pengisian data pribadi sehingga Anda tidak perlu membuatnya lagi.
  5. Kolom tersebut adalah Profil, Contact, Skills, Education, Work Experience, hingga Referensi yang bisa diisi sesuai keinginan.
  6. Untuk mengubah latar belakang, klik background.
  7. Klik ikon huruf T jika ingin menambahkan tulisan pada CV Anda.
  8. Jika sudah selesai, klik Simpan, maka otomatis CV yang telah dibuat akan tersimpan. Bisa juga langsung kirim melalui email.

Cara Buat CV di Hp Online Gratis

Jika Anda tidak ingin membuat CV menggunakan aplikasi, cara membuat CV di Hp lainnya menggunakan website browser gratis. Ada berbagai macam situs buat CV online gratis contohnya seperti CakeResume. Berikut adalah tahapannya:

1. Cari Situs Buat CV Gratis

Tulis di browser “buat cv online gratis” disana ada berbagai pilihan situs yang tersedia, termasuk cakeresume.com/id. Website ini memakai bahasa Indonesia sehingga mudah diaplikasikan.

2. Pilih Template

Langkah selanjutnya, memilih template yang menarik sesuai dengan keinginan. Pastikan jangan terlalu mencolok agar tulisan mudah dibaca. Jika ingin melamar di institusi, maka sebaiknya CV terlihat lebih formal dan tidak terlalu banyak warna.

Tambahkan juga foto dan portofolio sebagai pendukung CV yang Anda buat.

3. Isi Data Diri Secara Lengkap

Hal yang tidak kalah penting yaitu kelengkapan data diri Anda. Beritahu keunggulan dan pencapaian yang selama ini diraih. Sesuaikan dengan kualifikasi lamaran agar kesempatan diterima lebih besar.

Data yang perlu Anda isi di CakeResume seperti informasi pribadi, pengalaman bekerja, pendidikan, sampai skill/keterampilan.

4. Edit CV di Hp

Jika ada informasi yang perlu ditambah, klik Edit CV > Ubah. Selanjutnya, jika masih dirasa kurang puas, bisa Anda edit warna dari latar belakang CV, ukuran dan jenis tulisan, serta mengganti susunan layout.

Anda juga bisa memasukkan foto hingga video untuk meningkatkan kualitas CV. Namun, harus sesuai dengan pekerjaan yang dilamar semisal seperti desain grafis, maka berikan foto tentang karya-karya Anda.

5. Download CV

Langkah terakhir dalam cara membuat cv online yaitu mengunduh CV yang telah Anda edit. Untuk situs CakeResume, Anda bisa mendownloadnya dengan menekan tombol titik tiga yang ada di kanan atas. CV otomatis akan tersimpan di Hp.

Langkah ini untuk cara membuat CV lamaran kerja PDF yang dilampirkan di kertas A4.

Demikian cara membuat CV di Hp gratis dan tanpa aplikasi yang bisa diterapkan untuk membuatnya dengan mudah. CV tidak hanya dilihat dari desainnya, tapi dari isinya yang lengkap. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat CV yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.