3 Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 dengan Cepat dan Mudah

cara cek sertifikat vaksin

Ketika seseorang sudah berhasil melakukan vaksinasi Covid-19, maka ia akan mendapatkan tanda bukti berupa sertifikat vaksin. Pada umumnya, sertifikat vaksin Covid-19 ini tersedia dan cara cek sertifikat vaksin bisa dilakukan di PeduliLindungi.

Anda akan mendapatkan sertifikat vaksin setiap Anda berhasil melakukan vaksinasi. Baik itu vaksin pertama, ke 2, maupun ke 3 atau yang disebut vaksin booster. Nantinya, sertifikat vaksin ini akan diberikan dalam bentuk digital dan dapat dicetak sendiri oleh pemiliknya.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19

Segala sesuatu tentang vaksinasi Covid-19 di Indonesia ada di website dan aplikasi PeduliLindungi. Namun meskipun begitu, Anda masih bisa mengecek sertifikat vaksin lewat chatbot WA Kemenkes RI. Berikut adalah penjelasan mengenai cara-cara tersebut:

1. Cek Sertifikat Vaksin Lewat Website PeduliLindungi

Jika Anda ingin mengecek sertifikat vaksin Anda di website PeduliLindungi, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah membuka https://www.pedulilindungi.id/. Anda bisa membuka web tersebut menggunakan smartphone ataupun laptop.

Ketika web telah termuat sempurna, akan ada teks “Sudah melakukan vaksinasi COVID-19? Cek sertifikat Anda disini”. Pada teks tersebut, klik kata “disini” yang berwarna biru.

Masukkan alamat email atau nomor telepon yang didaftarkan saat melakukan vaksinasi. Tunggu sampai Anda menerima SMS, WhatsApp, atau email yang berisi 6 digit kode OTP. Jika sudah, masukkan kode OTP tersebut ke kolom yang tersedia di web PeduliLindungi.

Centang pada pernyataan “Saya bukan robot” dan selesaikan CAPTCHA-nya. Selanjutnya, klik “Masuk”. Sesudah itu, akan ada formulir yang perlu Anda isi untuk mengecek sertifikat vaksin, baik milik Anda maupun milik orang lain.

Isikan data yang benar ke dalam formulir tersebut. Apabila sudah selesai, centang lagi pernyataan “Saya bukan robot” dan selesaikan CAPTCHA-nya. Klik tombol “Periksa” dan sertifikat vaksin Anda akan muncul pada halaman berikutnya.

2. Periksa di Aplikasi PeduliLindungi

Cara cek sertifikat vaksin yang satu ini dapat dilakukan dengan men-download serta menginstal aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi tersebut tersedia di Play Store dan dapat di-download gratis oleh siapa saja.

Apabila sudah terinstal, langsung saja buka dan masuk dengan mengetikkan nomor telepon yang Anda gunakan saat melakukan vaksinasi. Tunggulah hingga Anda menerima SMS kode OTP dari PeduliLindungi lalu ketikkan kode tersebut di aplikasinya.

Selanjutnya, klik menu “Sertifikat Vaksin” di halaman utama lalu klik “Nama”. Apabila sertifikat vaksin Anda sudah tersedia, maka sertifikat tersebut akan tampil pada halaman berikutnya.

3. Cek Lewat Chatbot WhatsApp Kemenkes RI

Daripada ribet mengunduh aplikasi atau mengunjungi web PeduliLindungi, opsi ini mungkin bisa dibilang lebih simple bagi pengguna WhatsApp. Anda hanya perlu menghubungi kontak WA Kemenkes RI di nomor 081110500567.

Klik pada “Menu utama” pada chat balasan yang dikirimkan kemudian pilih opsi “Sertifikat vaksin”. Nantinya Anda akan diminta untuk mengetikkan nomor telepon Anda yang telah terdaftar di PeduliLindungi.

Selanjutnya akan ada SMA berisi 6 digit kode OTP yang dikirim ke nomor tersebut. Kirimkan kode OTP tersebut ke WA Kemenkes RI. Lalu pada balasan berikutnya, klik “Download Sertifikat”.

Inputkan nama dan NIK Anda. Jika sudah, pilih sertifikat vaksin yang ingin Anda cek dan sertifikat itu akan dikirimkan ke Anda oleh chatbot WA Kemenkes RI.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan dari shania mengenai cara cek sertifikat vaksin yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Apabila Anda menemukan adanya masalah pada sertifikat vaksin Anda, maka segera laporkan hal itu pada pihak yang berwenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.