Aplikasi NFC Android Terbaik Tahun Ini

aplikasi nfc android

Anda pengguna Android yang memiliki fitur NFC? Sudahkah mencoba aplikasi NFC Android terbaik dan gratis? Berikut ada beberapa aplikasi NFC Android yang bisa Anda coba.

NFC

Sebelum membahas beberapa aplikasi NFC Android, sebaiknya Anda kenali dulu apa itu NFC? NFC atau Near Field Communication adalah fitur yang disediakan oleh Android yang memungkinkan pengguna bisa berkomunikasi nirkabel dengan jarak yang berdekatan.

Banyak hp Android keluaran terbaru yang menyediakan fitur NFC. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui saldo dari kartu uang elektronik, bertukar akun media sosial maupun akun perpesan daring seperti WhatsApp dan Line, bertukar media maupun dokumen, dan lainnya.

7 Rekomendasi Aplikasi NFC

Sudah tahukah Anda saat ini banyak aplikasi NFC Android terbaik dan gratis yang bisa Anda download? Ada beberapa aplikasi NFC Android yang bisa Anda coba untuk menulis, membaca, hingga memprogram tugas ke tag NFC. Berikut beberapa aplikasi NFC Android.

1. NFC/RF Reader and Writer

Aplikasi NFC/RF Reader and Writer memungkinkan Anda bisa membaca data kartu uang elektronik yang ditempelkan di belakang layar melalui tag NFC.

Aplikasi ini bisa membaca tag NFC berupa NDEF dan RFID. Selain itu, Anda juga bisa menulis dan membaca berbagai data seperti email, kalender, dan ISBN.

2. i-NFC Writer

Aplikasi i-NFC Writer memungkinkan Anda bisa menulis tugas ke tag NFC. Hanya dalam tiga langkah, Anda sudah bisa menulis berbagai jenis informasi ke dalam tag NFC. Melalui aplikasi ini, Anda bisa memasukkan beberapa data seperti link situs, stempel waktu, dan nama.

3. Smart NFC

Biasanya, aplikasi Smart NFC digunakan untuk menjalankan tugas secara otomatis. Aplikasi Smart NFC ini bisa bekerja di berbagai aplikasi. Saat menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi mengubah pengaturan hp karena bisa dijalankan secara otomatis melalui tag NFC.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa melakukan berbagai tugas secara otomatis seperti mengaktifkan dan menonaktifkan WiFi dan Bluetooth, mengirim email, menyimpan nomor telepon, hingga membuka aplikasi lain.

4. NFC Tag Reader

Aplikasi NFC Tag Reader ini memungkinkan Anda bisa membaca dan menulis tugas ke tag NFC. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu harus terhubung ke koneksi internet.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa memprogram tugas seperti informasi kontak, menghubungkan kontak, WiFi, Bluetooth, dan geolokasi.

5. NFC Data Reader/Writer

Aplikasi NFC Data Reader/Writer ini biasanya digunakan untuk tujuan pendidikan. Aplikasi ini memberi jaminan bahwa tidak akan ada konten/kode berbahaya. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membaca dan menulis tugas ke tag NFC yang menggunakan data khusus Anda.

Untuk menggunakan ini, tag NFC yang dibuat haruslah belum memiliki format. Dengan menggunakan format data NDEF, Anda bisa membuat tag NFC kustom.

6. Abiro NFC Writer

Aplikasi Abiro NFC Writer memungkinkan Anda menulis tag NFC dengan mudah. Untuk menulis tag NFC pada aplikasi ini, Anda hanya perlu memasukkan informasi yang ingin di-tag dengan menahannya di dekat hp yang sebelumnya sudah diaktifkan mode Read Only.

7. NFC Writer by Trigger

Aplikasi NFC Writer by Trigger ini memungkinkan Anda bisa menulis tugas ke tag NFC. Anda bisa memprogram tugas seperti alamat situs, kontak buku berisi alamat, teks, dan email. Aplikasi ini mendukung NFC Type Forum, DESFire, Ultralight, Ultra C, dan MIFARE Classic.

Penutup

Itulah penjelasan shania mengenai beberapa aplikasi NFC Android yang bisa Anda coba. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, tentunya Anda harus memiliki hp Android yang mendukung fitur NFC. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi NFC tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.